AVRminiProg ISPMkII(USB) – programmer untuk mikrokontroler AVR

Programmer untuk mikrokontroler AVR ada banyak jenisnya. Salah satunya AVRminiProg ISPMkII(USB). Koneksi USB ke PC membuat lebih nyaman untuk digunakan, apalagi jika menggunakan laptop. Berikut site reference yang saya temukan untuk membuat ISPMkII: http://www.simonqian.com/en/AVRminiProg/ dengan lisensi GNU GPL version 2.

Rangkaian yang saya dapatkan dari situs di atas membuat saya bingung karena tidak terbiasa memahami schematic berformat tersebut. Tapi karena saya baca bahwa disain elektronik dari programmer ini kompatibel dengan programmer usbasp, maka saya kira bisa menggunakan schematic dari usbasp. Berikut schematiknya dari http://www.fischl.de/usbasp/

Setelah dibuat rangkaiannya, download firmware-nya ke dalam chip pada rangkaian yang telah dibuat dengan menggunakan programmer yang lain. Chip yang digunakan bisa atmega48 atau atmega8. firmware-nya sendiri bisa di-download pada situs yang bersangkutan.

Biasanya ada beberapa kendala pada perancangan programmer ini. Salah satunya ialah karena kita menggunakan konektor usb, maka adakalanya id dari ISPMkII tidak terdeteksi oleh PC. Padahal seharusnya pada saat pertamakali terkoneksi dengan PC, PC meminta driver. Berikut sedikit tips berdasarkan beberapa pengalaman:

  1. Hindari penggunaan PCB bolong karena jika solderan tidak kokoh memungkinkan perangkat tidak berfungsi semestinya. Mungkin sebaiknya menggunakan PCB yang dicetak.
  2. Hindari penggunaan polygon plane pada desain PCB. Apalagi jika tidak memakai masking. Hal ini untuk menghindari short circuit yang tidak terdeteksi.
  3. Gunakan komponen dengan nilai yang sesui dengan schematic.
  1. Hindari penggunaan polygon plane pada desain PCB. Apalagi jika tidak memakai masking. Hal ini untuk menghindari short circuit yang tidak terdeteksi.

3 Responses to AVRminiProg ISPMkII(USB) – programmer untuk mikrokontroler AVR

  1. wwn_st3 says:

    Pertamax, Dang
    Bikin blog juga !

  2. Pingback: AVR Studio 4 + WinAVR = a nice combination (post ke-2) « wangready

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s