Sensor Proximity Berbasis LED dan Phototransistor

Sensor proximity adalah sebuah sensor mampu mendeteksi keberadaan benda di dekatnya tanpa kontak fisik.

Terdapat banyak jenis dan modifikasi dari sensor proximity. Salah satunya yang berbasis LED sebagai transmitter dan phototransistor sebagai receiver. Biasanya sensor yang sperti ini digunakan juga sebagai sensor pendeteksi garis. Aplikasinya biasanya pada robot line follower. Berikut schematicnya.

LED sebagai transmitter cahaya. Lalu diterima oleh phototransistor yang kemudian akan mengatur basis dari phototransistor itu sendiri. Sedangkan basis akan berpengaruh terhadap nilai arus dari collector ke emitter yang akan mempengaruhi nilai tegangan yang masuk ke pin negatif dari komparator. LM339 dalam hal ini bekerja dengan cara open collector output. Ketika input inverting berada pada tegangan yang lebih tinggi dari input non inverting, output dari komparator terhubung ke catu daya negatif (dalam hal ini ground). Ketika input non inverting lebih tinggi dari input inverting, output menjadi ‘floating/mengambang’ (memiliki impedansi yang sangat tinggi ke tanah). Untuk itu, pada output komparator diberi rangkaina pull-up (dalam rangkaian ini resistor pull-up bernilai 470 Ohm ditambah LED sebagai indikator dari nilai output) agar jika dalam keadaan floating nilai output dapat bernilai HIGH atau 5 V.

Berikut link file design PCB (EAGLE format)dari schematic di atas. http://www.mediafire.com/file/rqgds3eyvq21auj/LED%20proximity%20sensor.rar

_____________________________________________________________

DAFTAR PUSTAKA

http://en.wikipedia.org/wiki/Comparator

http://en.wikipedia.org/wiki/Proximity_sensor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s