Pembangkit Osilator Gelombang Kotak Menggunakan Schmitt Trigger Inverter

Salah satu chip paling universal adalah Hex Schmitt Trigger, yang dikenal sebagai 74C14 tersebut. Dipasarkan juga dengan nama 40106,, 40014, dan 74HC14. Ini adalah chip CMOS dan ditandai oleh konsumsi arus rendah, impedansi input yang tinggi dan tegangan suplai dari 5v ke 15V. (Jangan mengganti 7414 atau 74LS14 Chip tersebut jenis TTL dan beroperasi pada 4.5V ke 5.5V dan memiliki input impedansi rendah..)

Nilai Frekuensi dari Osilator

Ketika kapasitor dan resistor ditambahkan ke sebuah rangkaian Schmitt Trigger gate, hasilnya adalah sebuah osilator yang disebut multivibrator. Sebuah multivibrator memiliki fitur menghasilkan gelombang persegi dan bentuk gelombang ini dapat memiliki periode tinggi dan rendah yang sama (called 50:50 mark:space ratio) atau rasio periode tinggi dan rendah. Periode TINGGI disebut MARK dan RENDAH disebut SPACE.
Frekuensi dari osilator tergantung pada nilai R dan C. Tidak ada “rasio” tetap untuk komponen ini namun yang terbaik adalah mengacu pada sirkuit sampel untuk melihat nilai-nilai yang diperlukan untuk frekuensi tertentu – jika tidak, anda mungkin akan menemukan kombinasi tidak biasa seperti kapasitor yang sangat besar dan resistor sangat kecil untuk mencapai frekuensi tinggi.
Frekuensi osilator Schmitt ditentukan oleh persamaan berikut:

f = 1.2/(RC)

dimana:

f  = Hertz

R = Ohm

C = Farad

_____________________________________

Sumber: http://talkingelectronics.com/pay/BEC-2/Page49.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s