He Called it “The Apple Way”

Sebuah buku karangan Jeffrey L. Cruikshank

  • Pendahuluan
  • Konsistensi yang bodoh adalah kumpulan dari pikiran-pikiran pendek, yang dikagumi oleh orang-orang yang berkuasa, filsuf, dan orang-orang suci. –Ralph Waldo Emerson

_____________________________________________________

  • Keajaiban dan Margin
  • Setiap doa memohon hal yang hampir sama: “Tuhan, semoga dua kali dua bukanlah empat” –Ivan Turgenev
  • Pikirkan mengenai pangsa pasar Anda: Apakah Anda benar-benar BMW, dan jika iya, apakah cukup baik?
  • Mac luar biasa karena Apple mengendalikan setiap aspek yang berkaitan dengan penggunaan Mac.
  • Konsistensi dan kontinuitas sangatlah penting, bagi orang-orang yang gagap teknologi.
  • Margin kotor adalah sebuah alat ukur yang hebat — sampai di saat ia tidak hebat lagi.
  • Kelemahan produk akan menghancurkan margin Anda.

_____________________________________________________

  • Menemukan Masa Depan
  • Melihat jauh seperti burung elang, mereka mencari masa depan yang berbeda. –W. H. Auden
  • Berbagi visi. Membuatnya nyata. Membuatnya dapat dilihat.
  • Orang + strategi + uang = jendela masa depan.
  • Masa depan tidak selalu baik, dan–tanpa kasih sayang–masa depan mungkin tidak akan bertahan lama.
  • Berada tiga tahun lebih dulu dari pasar Anda–dan mengeluarkan biaya dua kali lebih banyak dari pesaing Anda–adalah metode yang buruk.
  • Tindak lanjut!.
  • Jika Anda percaya terhadap masa depan, dan masa depan Anda berada pada divisi litbang, maka jangan pernah membiarkan divisi litbang kelaparan.
  • Pemaksaan untuk menghabiskan anggaran litbang adalah sesuatu yang buruk. Sekaligus sesuatu yang baik.

_____________________________________________________

  • Membuat Mereka Sesak Napas
  • Saya tahu apa yang saya inginkan dan saya tahu apa yang mereka inginkan. —Steve Jobs
  • Bentuk mengikuti fungsi. Kecuali ketika bentuk lebih dipentingkan, atau memiliki prioritas yang sama.
  • Sekadar menemukan masa depan tidaklah cukup.
  • Jika produk Anda menakutkan, usahakanlah semaksimal mungkin untuk membuatnya tampak ramah.
  • Bahkan orang yang mengetahui segalanya pun tidak selalu mengetahui segalanya. Bahkan seorang jenius yang mengetahui segalanya.
  • Bagaimana menjadi seorang estetis: memperhatikan, dan mencari bantuan.
  • Jangan mengerjakan estetika dengan setengah-setengah.
  • Jika Anda tahu apa yang mereka inginkan, berikan pada mereka. Abaikan orang-orang yang skeptis.
  • Berinovasilah, tapi jangan memaksakannya.

_____________________________________________________

  • Menjaga Permata Keluarga
  • Bukanlah dada yang membuatnya bertahan, tapi pusat dada yang membuat perhiasan tergantung. —Charles Dickens
  • “Sederhana” dapat menjadi kerumitan yang luar biasa.
  • Ciptakanlah sebuah produk yang memaksakan adanya perubahan namun melindungi kesinambungan.
  • Jangan menunggu sampai orang lain menyerah, terutama jika orang itu adalah Microsoft.
  • Apakah solusi yang ada pada hari ini merupakan anugerah dari Tuhan, atau sekadar kebiasaan?
  • Terkadang mencoba-dan-benar jauh lebih baik daripada sekadar mengetahui alternatif yang ada. Tapi Anda harus tetap mencari.
  • Ketika pesaing utama Anda menawarkan saran yang strategik, dengarkan dengan baik.
  • Jika Anda tidak dapat menyingkapkannya, Anda bisa membuatnya menetes.
  • Jika Anda membawa Kapten Kirk ke dalam anjungan, selalu awasi posisi Anda.
  • Sekali lagi: lebih baik mengerjakan perlahan-lahan daripada menunda pengungkapan secara keseluruhan.

_____________________________________________________

  • Menjaga Semua Teman Anda Berada di Dekat Anda (Dengan Wajar)
  • Apakah gelas itu setengah terisi, setengah kosong, atau keduanya?
  • Orang yang membuat produk Anda berguna adalah teman Anda. Teman baik Anda.
  • Ketika membuat kesepakatan dengan gajah, susunlah kontrak yang kaku dan bergeraklah lebih cepat daripada gajah itu.
  • Jika Anda menyerahkan harta keluarga, ucapkan selamat tinggal.
  • Bekerja samalah dengan rekan Anda untuk mendekatkan diri pada lingkaran suci.
  • Semakin besar sang buaya, maka akan semakin tidak responsif.
  • Jangan meminta bayaran dari para tamu yang membawa hidangan pada acara makan malam.

_____________________________________________________

  • Menepati Janji
  • Apple membayar harga yang lebih mahal jika melanggar janjinya sendiri.
  • Melebih-lebihkan secara keterlaluan bisa menjadi jenis terburuk dari janji yang tidak dapat ditepati.
  • Seimbangkan “visi” dengan “kenyataan.”
  • Produk yang mudah rusak adalah pengingkaran terhadap janji.
  • Hal yang terburuk daripada menarik produk yang memiliki kecacatan adalah tidak menariknya.
  • Kualitas dapat berubah dengan cepat–jika Anda membuatnya berubah dengan cepat.
  • Janji yang ditepati seringkali melibatkan informasi yang baik, dan menggunakannya dengan bijaksana.
  • Jatuh cinta dengan perusahaan berteknologi tinggi merupakan sebuah pengalaman yang mengesalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s