Labview – Tambahan

FAQ

 

Q:     Ketika saya build .exe, aplikasi yang saya buat tidak berjalan sebagaimana mestinya semisal custom menu bar tidak muncul.

A:     Bisa jadi ketika kita mem-build .exe, file exe tersebut masih berjalan di computer kita. Sehingga proses build menjadi kacau. Maka daripada itu, pastikan  ketika mem-build aplikasi .exe, file tersebut tidak sedang dijalankan. Bisa dilihat di task manager. Solusi amannya clean .exe yang kita buat terlebih dahulu sebelum kita melakukan build.

 

Tips

 

  1. Aplikasi Labview terdiri dari 2 halaman. Yaitu Front Panel (user interface) yang selalu mempunyai Block Diagram(chart programming). Settingan Front Panel yang kita buat akan sama ketika kita run. Jadi ketika kita membuat program dengan window kecil yang kita tempatkan di pojok layar dan dan tidak ideal denga button dan elemen lain, maka begitu pula ketika kita jalankan sebagai aplikasi. Oleh karena itu, aturlah front panel serapi mungkin dan tempatkan pada posisi yang ideal terhadap layar monitor.
  2. Jangan sembarangan mencopy atau mengganti nama VI karena bisa jadi file tersebut berhubungan (caller atau subVI dari VI lainnya) dengan file lainnya dalam satu project. Sehingga biasanya akan menyebakan error can’t find file VI atau file conflict. Lakukan dengan rapid dan hati-hati jika ingin mengedit file-file.
  3. Kita bisa menggunakan Use default setting ktika kita menyambung wire pada structure FOR LOOP (Disable Indexing) atau CASE STRUCTURE (Use Default Setting) dengan cara klik kanan pada sisi objek lalu pilih Use default setting dengan demikian kita tidak perlu menyambung wire pada sisi lainnya (CASE STRUCTURE) akan tetapi efeknya yaitu wire akan bernilai default biasanya false untuk boolean dan no error untuk error line atau pilih Disable Indexing pada FOR LOOP dengan demikian output wire-nya tidak akan berbentuk array akan tetapi tetap single.

tips-1

Figure FOR LOOP

tips-2

Figure CASE STRUCTURE

_________________________

Daftar Pustaka

academic.amc.edu.au/~hnguyen/JEE344ACE/

simplymodbus.ca/FC05.htm

ni.com/example/26488/en/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s