Tutorial 15 Local Variable, Global Variable, & Shared Variable

Local Variable

Dalam  LabVIEW sebuah elemen hanya mempunyai satu symbol pada block diagram, maka untuk mengisi atau membaca elemen tersebut pada kode lainnya yang masih dalam satu VI bisa menggunakan local variable.  Klik kanan, buka function palette.

lv15-1

Figure 15.1

Jika sudah ditambahkan pada block diagram, maka klik kiri > pilih elemen yang akan kita akses. Missal saya akan mengakses message box.

lv15-2

Figure 15.2

Kita bisa mengisi atau membaca variable tersebut. Klik kanan pada local variable yang sudah kita assign sebagai message box tadi, lalu pilih change to read jika ingin membaca isi dari elemen message box.

lv15-3

Figure 15.3

Atau jika dalam mode read kita akan mengubahnya menjadi mode write kita tinggal klik kanan pada local variable tersebut.

lv15-4

Figure 15.4

lv15-5

Figure 15.5

Dengan demikian,  dengan menggunakan local variable kita bisa mengakses suatu elemen dari mana saja, walaupun intinya suatu elemen hanya bisa digunakan pada satu diagram saja.

Global Variable

Global variable digunakan untuk berbagi nilai bersama-sama antar VI dalam satu project file.

lv15-6

Figure 15.6

Sebuah global variable biasanya di save dalam format .vi. Akan tetapi vi ini tidak mempunyai block diagram.

lv15-7

Figure 15.7

Pada gambar di atas adalah global variable dengan format .vi. Jika kita buka file tersebut maka bisa kita lihat seperti gambar di bawah  ini.

lv15-8

Figure 15.8

Untuk menggunakannya kita bisa drag file tersebut dari project file window ke program block diagram yang kita inginkan. Jika pada file global variable tadi mempunyai lebih dari satu elemen, dengan cara klik kiri kita bisa memilih elemen mana yang akan kita gunakan.

lv15-9

Figure 15.9

Global variable ini juga bisa kita set sebagai mode write atau  read.

lv15-10

Figure 15.10

Shared Variable

Jika kita mempunyai 2 buah computer dan ingin kedua software pada dua computer tadi berkomunikasi satu sama lain maka kita bisa gunakan shared variable. Dengan membuat shared libraries melalui network-published variable pada kedua masing-masing PC maka kita dapat membuat sharing data diantara PC tersebut.

Biasanya dalam beberapa kasus, satu computer bertindak sebagai publisher dan mengirim data ke shared variable yang mana PC lainnya bertindak sebagai subscriber dan menerima data tersebut.

  1. Lakukan pengaturan shared variable pada PC yang aka kita jadikan sebagai publisher dengan cara klik kanan My Computer >> New>>Variable seperti pada gambar di bawah ini. Dengan demikian, maka akan muncul sebuah dialog box untuk men-setting shared variable yang kita buat.

lv15-11

Figure 15.11

  1. Pada dialog box, pada tab variable, pastikan bahwa Variable Type bernilai Network-Published seperti ditunjukan pada gambar di bawah ini. Pada window ini kita dapat mengatur Data Type dan Name dari variable yang akan kita buat. Klik OK pada dialog box dan perlu diketahui bahwa library yang kita buat belum mempunyai nama dan belum di save (untitled library). Pada project file kita, shared variable akan terlihat terexpand ke bawah seperti ditunjukan pada gambar berikutnya.

lv15-12

Figure 15.12

lv15-13

Figure 15.13

  1. Save project kita, maka secara otomatic akan muncul pesan bahawa kita harus mengisi nama library lalu save. Jalankan VI Anda yang mana menyimpan data ke shared variable yang kita buat tadi. Dengan demikian, maka library dan hared variable kita akan ter-deploy pada publisher PC kita.
  2. Pada subscriber PC, buka Project Explorer dan buat shared variable seperti halnya dijelaskan pada poin 1. Pada variable tab ceklis Enable Aliasing dan pilih PSP URL pada bagian Bind To. Click Browse, lalu pilih IP sesuai publisher PC kita tadi, lalu expand. Maka kita akan bisa melihat shared library dan variable kita seperti ditunjukan pada gambar di bawah. Pilih, lalu klik OK untuk keluar dari variable configuration window.

lv15-14

Figure 15.14

  1. Simpan variable ini pada VI, pada subscriber computer, dan kita pun bisa membaca data yang di-write dari publisher PC.

_________________________

Daftar Pustaka

academic.amc.edu.au/~hnguyen/JEE344ACE/

simplymodbus.ca/FC05.htm

ni.com/example/26488/en/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s